Pergerakan wisatawan saat hari raya Idul Fitri meningkat. Ini menunjukkan bahwa pariwisata perlahan pulih. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan kabar gembira, kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara mengalami peningkatan, terutama pada masa libur Idul Fitri menjelang libur Idul Fitri 2022. Dies Tourism.

Nanti kita hitung jumlahnya,” ujarnya dalam konferensi pers mingguan virtual, Senin (5 September 2022). Sandiaga mengatakan dengan meningkatnya kunjungan wisatawan dan melanda sejumlah destinasi wisata, akan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan. Terutama di sektor pariwisata dan industri kreatif (parekraf).

Selain itu, salah satu tujuan yang dicapai Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif adalah menginspirasi masyarakat untuk pulang kampung sekaligus berlibur. Di mana orang hanya bisa pulang setelah dua tahun karena pandemi.

Namun, Sandiaga mengatakan ada beberapa evaluasi yang perlu dilakukan ke depan. Penilaian ini juga sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo. Pertama, konsentrasi pandemi dan pemantauan gejolak, terutama ekonomi dan situasi global,” katanya. Sandiaga mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi agar para pemudik dan wisatawan merasa aman dan nyaman mengunjungi berbagai destinasi wisata. Seperti diketahui, libur lebaran tahun 2022 cukup panjang dan ini menjadi salah satu perhatian utama pariwisata dan industri kreatif. Sektor pariwisata memastikan tidak ada ketidaknyamanan bagi wisatawan yang tidak diproses,” kata Sandiaga Uno.